Apakah Badan Anda Terlalu Kurus?

Apakah badan anda terlalu kurus?

Apakah badan anda terlalu kurus?

Banyak orang iri pada orang yang kurus. Bisa jadi ornag berbadan kurus bukan karena diet. Akan tetapi karena penyakit atau predisposisi. Meningkatkan berat badan ternyata suatu hal sulit. Ya, tidak semudah yang orang kira.

Kapankah seorang dikatakan kurus?
Kekurangan berat badan adalah kondisi ketika berat badan 10-20% lebih rendah dari rata-rata yang diharapkan untuk tinggi, usia, dan jenis kelamin seseorang.
Jika berat badan seseorang kurang dari 20% dari berat badan ideal, maka individu tersebut terlalu kurus dan itu adalah masalah yang serius.

Apa penyebab menjadi kurus?
1. Asupan makanan yang tidak memadai baik dalam kuantitas dan kualitas adalah penyebab yang sangat umum untuk menjadi kurus. Selain itu, ada sejumlah alasan psikologis dan fisiologis mengapa seseorang bisa menjadi kurus. Faktor psikologis seperti pada pasien dengan penyakit mental atau anoreksia nervosa yaitu penyakit psikologis dimana seseorang menolak untuk makan yang cukup.
2. Kebiasaan makan yang tidak teratur dan pemilihan makanan yang buruk menyebabkan asupan gizi dan kalori yang tidak memadai juga menjadi factor seseorang menjadi kurus.
3. Peningkatan aktivitas fisik tanpa peningkatan asupan makanan
4. Malabsorpsi karena muntah, diare yang menyebabkan penyerapan nutrisi yang buruk. Ini juga bisa menjadi penyebab kekurangan berat badan
5. Kondisi seperti demam di mana nafsu makan buruk dan kebutuhan energi sangat meningkat dapat menyebabkan penurunan berat badan karena asupan nutrisi yang tidak memadai dibandingkan dengan energy yang dikeluarkan
6. Ketidakseimbangan hormon seperti hipo atau hipertiroidisme dapat menyebabkan seseorang menjadi kurus
7. Gangguan makan karena obsesi seperti anorexia nervosa (tidak cukup makan karena makan lebih sedikit), bulimia (muntah yang diinduksi setelah makan) adalah penyebab lain dari kurus.

Berikut ini adalah bahaya kurus pada kesehatan
1. Menjadi kurus menghasilkan retardasi pertumbuhan atau gagal tumbuh pada anak yang sedang dalam masa pertumbuhan
2. Resistensi atau daya tahan terhadap infeksi menurun pada individu dengan berat badan rendah
3. Orang yang kurus sering merasa lelah dan tidak dapat bekerja secara efisien
4. Kekurangan berat badan meningkatkan kemungkinan komplikasi selama kehamilan yang menyebabkan kelahiran prematur dan bayi yang lebih kecil
5. Kekurangan berat badan dapat meningkatkan risiko kegagalan pada proses operasi
6. Orang yang kurus berat rentan terhadap infeksi tertentu seperti tuberkulosis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *